Bunga Sakura

Bunga Sakura
      Sakura (桜) merupakan pohon bunga nasional Jepang yang selalu mekar pada saat musim semi, yaitu sekitar akhir bulan Maret hingga akhir bulan Juni.

Baca juga Hanami Festival SAKURA

      Sakura bisa dilihat di mana-mana diseluruh wilayah Jepang, beraneka ragam barang-barang, termasuk pakaian tradisional kimono serta alat-alat tulis, dan peralatan dapur. Bagi orang Jepang, bunga sakura adalah simbol yang sangat penting, yang juga kerap kali diasosiasikan/diibaratkan dengan perempuan, kehidupan, kematian, juga sebagai simbol untuk mengeksperesikan sebuah ikatan antar manusia, kesedihan, keberanian dan kegembiraan. 

Baca juga pakaian Jepang bermotif sakura

      Sakura menjadi metafora ciri-ciri untuk sebuah kehidupan yang tidak kekal.


      Pohon sakura merupakan salah pohon yang tergabung dalam golongan familia Rosaceae atau genus Prunus satu jenis dengan pohon prem, persik, atau aprikot, namun pada umumnya sakura digolongkan kedalam subgenus sakura.

Baca juga Paviliun Emas terbesar dijepang


     Asal-usul kata "sakura 桜" adalah kata "saku咲く" (bahasa Jepang untuk "mekar") ditambahkan dengan akhiran yang menyatakan bentuk jamak "ra" dan dalam bahasa Inggris, bunga sakura di sebut dengan cherry blossoms.

      Warna bunga sendiri tergantung pada setiap spesiesnya, ada yang berwarna putih kombinasi sedikit warna merah jambu, berwarna kuning muda, berwarna merah jambu, warna hijau muda atau merah menyala.

      Tanan Bunga digolongkan menjadi 3 jenis yang didasarkan pada susunan daun mahkotanya:
1. bunga tunggal, daun mahkota selapis
2.bunga ganda, daun mahkota berlapis
3.bunga semi ganda

      Pohon sakura berbunga setiap 1 tahun sekali. dipulau Honshu, kuncup bunga sakura berjenis someiyoshino mulai tumbuh di akhir musim dingin dan bunganya mulai mekar diakhir bulan Maret sampai pada awal bulan April pada saat cuaca mulai hangat.

      Di Jepang, mekarnya bunga sakura jenis someiyoshino mulai dari Okinawa pada bulan Februari, lalu selanjutnya di pulau Honshu bagian sebelah barat, lalu sampai di kota Tokyo, Osaka, Kyoto pada saat akhir Bulan Maret sampai awal Bulan April, lalu berlanjut sedikit demi sedikit ke arah utara, dan berakhir di prefektur Hokkaido pada saat hari libur atau Golden Week.


      Pada setiap tahunnya para pengamat sakura selalu mengeluarkan peta monitoring pergerakan mekarnya bunga sakura berjenis someiyoshino dimulai dari arah barat ke arah timur lalu diutara yang disebut dengan sakurazensen. Dengan dipergunakannya peta sakurazensen bisa diketahui lokasi bunga sakura yang mekar pada waktu tertentu.


EmoticonEmoticon