irotomesode kimono

IROTOMESODE

          irotomesode (い ろ と め そ で 色 留 袖) adalah kimono dengan latar belakang warna yang solid. pada zaman dahulu, motif pada irotomesode dibuat dengan cara ditenun atau dicelupkan dengan pola tertentu agar untuk membentuk pola terang.

           Fitur dan chirikhas unik dari irotomesode adalah bahwa tidak ada pola pada bagian atas tubuh dan lengan, Pola hanya tersirat pada bagian bawah dan sebagian besar polos sepanjang kimono.
irotomesode terbuat dari sutra, tapi bisa dibuat dengan berbagai bahan sutra serta segala macam kualitas sutra.

          Irotomesode awalnya dikembangkan dari furisode, untuk wanita yang sudah menikahan, lengan panjang furisode kimono diperpendek untuk menciptakan "tomesode" (留 袖), yang secara harfiah berarti "lengan yang dipersingkat". (留 tome = untuk mengencangkan / 袖 sode = lengan)
Hal ini disebabkan ketidakpraktisan lengan panjang bagi wanita yang sudah menikah saat melakukan pekerjaan rumah tangga.


           Mereka bisa memiliki 1 sampai 5 kamon, yang merupakan lambang keluarga atau klan.



lalu Siapasaja yang memakai..?

           Seperti disebutkan di atas, irotomesode secara eksklusif dikenakan oleh wanita yang sudah menikah. Kembali pada jaman dahulu, ketika kimono lebih mahal daripada jaman ini (relatif), Anda tidak dapat benar-benar atau tidak begitu bisa mampu memiliki banyak kimono. Oleh karena itu, setelah menikah kamu harus sudah memiliki furisode, untuk menunjukkan kepada semua orang bahwa Anda benar benar sudah menikah sekarang dan furisode digunakan untuk membuat pekerjaan rumah lebih mudah.

           Irotomesode kadang-kadang bisa dipakai oleh wanita tua yang belum menikah, bila mereka merasa furisode tidak sesuai lagi.


Kapan irotomesode  digunakan..?

           Sebagai salah satu kimono yang paling formal, mereka digunakan untuk acara formal hingga semi formal. Mereka sering digunakan oleh tamu pada upacara pernikahan, yang tidak berhubungan langsung (clan ke 1 atau ke 2) kepada pengantin wanita. mereka juga Memakai nya dalam upacara minum teh,, karena upacara itu sendiri merupakan acara yang sangat formal.



( resepsi pernikahan tradisional ,Jepang )



EmoticonEmoticon