kimono jenis Furisode



Furisode


Motif Furisode

            Furisode adalah jenis kimono yang paling formal untuk seorang wanita muda yang masih belum menikah. Bahannya sendiri memiliki ciri khas berwarna cerah dan dengan motif yang mencolok pada seluruh bagian kain Furisode.

             Furisode adalah kimono dengan ciri khas memiliki lengan panjang yang bisa sampai ke tanah yang biasanya terbuat dari sutra dan bisa memiliki berbagai macam corak, namun sering menonjolkan motif bunga.
           Ciri furisode adalah pada bagian lengan yang sangat lebar hingga menjuntai ke bawah. Pakaian ini (furisode) digunakan pada saat menghadiri upacara seijin shiki, resepsi pernikahan teman, upacara wisuda atau hatsumode.
            Furisode kimono umumnya sangat berwarna dan menampilkan warna-warna cerah.
          
Varian furisode yang paling umum adalah ōfurisode dan chūfurisode.
            ōfurisode (ukuran besar) memiliki lengan yang menggantung sampai 105cm / 41 inch panjang yang dapat menyentuh tanah dengan lengan terlentang.
            chūfurisode (ukuran sedang) memiliki lengan sedikit lebih pendek dengan panjang hingga 90cm / 35,4 inch dan sedikit lebih praktis, meski kurang formal juga.
            Varian lain dari kimono furisode adalah kofurisode atau koburisode, yang menampilkan lengan gantung yang lebih pendek. Lengan yang menggantung dari kofurisode / koburisode hanya sampai 75cm / 30inch. Hal ini membuat lebih praktis untuk pemakaian sehari-hari dan acara yang tidak begitu formal.





EmoticonEmoticon