Mengenal Kimono dan Yukata


KIMONO 着物 dan Yukata 浴 衣
pasti sudah tidak asing lagi dengan pakaian tradisional jepang yang satu ini,
yaitu KIMONO
  
1. KIMONO
               KIMON memiliki aAsebuah arti dan secara harfiah kimono ialah pakaian atau sesuatu yang dipakai (ki berarti pakai dan mono berarti barang).

               Pada era saat ini, kimono memiliki bentuk seperti huruf "T", mirip sebuah pakaian berjenis mantel dengan model lengan panjang yang memiliki bagian leher berkerah, ukuran Panjang kimono di Desain sampai ke bagian pergelangan kaki.

               kimono yang dipakai oleh wanita memiliki bentuk baju terusan (seperti daster), sementara itu untuk pria, kimono yang dipakai memiliki bentuk setelan (ada bagian atas dan bawah), pada bagian Kerah sebelah kanan harus berada di bawah kerah sebelah kiri, Sabuk terbuat dari kain yang disebut obi dipakai dengan cara dililitkan pada bagian sekitar perut/pinggang dan diikatkan pada bagian punggung, Alas kaki atau sendal yang digunakan pada saat memakai kimono adalah zoori atau geta.





2. Yukata

               Yukata (浴 衣, baju yang dipakai sesudah mandi) merupakan jenis pakaian kimono yang terbuat dari bahan kain katun tipis tanpa menggunakan lapisan atau pelapis, yang dibuat dari kain yang memiliki sirkulasi udara yang baik atau yang mudah dilewati oleh angin.

               tujuan daripada memakai yukata ialah agar supaya badan menjadi lebih terasa sejuk ketika sore hari atau setelah mandi di waktu malam hari saat sedang berendam dengan hangat atau air panas (kebiasaan orang jepang ialah mandi pasa saat sore atau malam hari).

               ditinjau dari urutan atau tingkat formalitas, yukata merupakan kimono Non formal yang dikenakan oleh pria dan wanita pada saat suasana santai di musim panas, misalnya pada waktu sedang melihat pesta kembang api, matsuri (ennichi) atau ketika sedang menari pada perayaan obon, Yukata ini dapatlah dipakai siapapun tanpa mengenal status, wanita sudah menikah atau belum menikah.

 

 

terimakasih sudah mampir ke blog aku yahh.. jangan lupa share :-)


EmoticonEmoticon